4 Tips Merawat Celana Chino

Cara pakai celana chino
Sumber gambar : https://unsplash.com/s/photos

Celana chino merupakan celana yang lebih populer di kalangan pria, namun banyak juga wanita yang menggunakan celana chino ini. Terbuat dari bahan katun atau cotton drill  yang lembut membuatnya semakin nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Banyaknya variasi warna yang dimiliki celana chino, sehingga memudahkan kamu dalam melakukan mix and match agar penampilanmu lebih stylish.

Memiliki variasi warna yang cukup banyak, kamu perlu hati-hati ketika mencuci celana chino kesayanganmu agar tidak luntur dan mengenai pakaian lain. Kamu perlu memisahkan celana chino-mu dari pakaian lain terutama pakaian yang berwarna putih atau terang.

Perlu diketahui jika kamu penggemar celana chino, celana ini memerlukan perawatan khusus untuk tetap menjaga kualitas serat dan warna yang dimilikinya. Kamu juga perlu tahu tentang apa yang harus dihindari untuk celana ini agar selalu terlihat baru dalam merawatnya.

Merawat celana chino terbilang tidak sulit, kamu hanya perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak merusak kualitas celana chinomu dan menjaganya tetap terlihat baru.

Berikut beberapa tips dalam merawat celana chino agar penampilanmu tetap kece maksimal.

1. Gunakan Alkohol untuk Menghilangkan Noda

Alkohol dan kapas untuk membersihkan noda
sumber gambar : unplash.com

Jika kamu menemukan noda di celana chino kesayanganmu dan noda tersebut sulit dihilangkan, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan noda pada celana chino tanpa menggunakan pemutih atau detergen yang dapat merusak kualitas celana chino yang kamu miliki.

Noda di celana chino dapat dihilangkan dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi oleh cairan alkohol, lalu dioleskan pada celana yang terkena noda. basahi dengan air dan gunakan handuk untuk menggosok noda agar celana tampak lebih bersih. Noda sebaiknya dihilangkan sebelum mencuci celana chino.

Merawat celana chino dengan cara ini sangat membantu dalam menghilangkan noda pada celana chino dan tentunya tetap menjaga kualitas celana chino.

2.    Mencuci Celana Chino

mencuci celana chino
sumber gambar : unplash.com

Bahan utama celana chino adalah katun twill atau drill, merupakan bahan katun yang cukup kuat. Bahan tersebut tidak disarankan untuk dicuci dalam jangka waktu lama, hal ini tidak akan mempengaruhi kualitas celana chino, jadi jangan khawatir kualitasnya berkurang karena jarang dicuci.

Jika terdapat noda, perawatan yang kamu hanya perlu lakukan dengan membersihkan secara on the spot seperti dijelaskan sebelumnya. Namun apabila celana chino yang kamu gunakan dirasa sudah sengat kotor, barulah kamu dapat mencucinya.

Mencuci dan merawat celana chino agar terlihat baru merupakan langkah yang sejalan. Dikarenakan dalam mencuci celana chino juga harus memperhatikan beberapa hal untuk tetap menjaga kualitas celana chino.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika mencuci celana chino kesayanganmu, agar lebih tahan lama dan tidak menyebabkan warnanya memudar.

1. Pisahkan celana chino berdasarkan warna

Ketika kamu baru membeli celana chino kamu perlu memisahkan celana chino-mu dari pakaian lain atau dipisahkan berdasarkan warna. Hal ini dilakukan untuk menghindari jika celana chino yang kamu punya mengalami kelunturan dan mengenai pakaian lain. Setelah beberapa kali mencuci barulah kamu dapat mencuci secara bersamaan dengan pakaian lain, tapi lebih baik jika tetap dicuci terpisah.

2. Balik celana chino ketika dicuci dan dijemur

Sama halnya dengan jeans, membalik celana chino ketika dicuci dilakukan untuk menjaga warna pada celana chino agar tidak memudar. Membalik celana chino juga dilakukan ketika menjemur celana chino yang kamu punya, hal ini dikarenakan sisi bagian dalam celana yang dijemur menghadap sinar matahari meski tidak terpapar langsung, dapat mengurangi resiko memudarnya warna celana. Cara ini efektif dalam menjaga kualitas pada warna celana chino.

3. Memperhatikan jenis detergen yang digunakan

Kamu perlu memperhatikan jenis detergen yang akan kamu gunakan ketika mencuci celana chino. Hal ini dikarenakan jenis detergen akan mempengaruhi keawetan celana chino kesayanganmu.

Gunakan detergen yang lembut untuk menjaga keawetan serat dan warna celana chino. Selain itu, disarankan menggunakan air dingin untuk mencuci celana chino.

Celana chino lebih disarankan dicuci secara manual dari pada menggunakan mesin cuci, dikarenakan Anda dapat membersihkan secara langsung noda yang ingin dihilangkan. Jika mengharuskan menggunakan mesin cuci, maka Anda perlu mengatur putaran mesin menjadi lebih lembut agar tidak merusak serat bahan celana chino.

4. Keringkan tanpa terpapar sinar matahari langsung

menjemur celana chino
sumber gambar : unplash.com

Setelah mencuci celana chino dengan memperhatikan tips merawat celana chino, waktunya celana chino dikeringkan. Namun tidak disarankan melakukan pengeringan menggunakan mesin pengering.

Lebih baik dikeringkan dengan cara digantung dan diusahakan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan celana chino yang terpapar sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna celana memudar dan membuat serat celana chino menyusut.

Sebaiknya celana chino dijemur dengan cara dibalik, karena dapat melindungi warna celana chino agar tidak memudar.

3. Seterika Celana Chino dengan Suhu Rendah

seterika celana chino
sumber gambar : unplash.com

Celana chino dapat disetrika terlebih dahulu sebelum digunakan. Namun perlu diperhatikan ketika menyetrika celana chino, dalam merawat celana chino, suhu harus diatur pada temperatur minimum – sedang untuk menjaga kualitas bahan chino agar tidak rusak.

Celana chino juga dapat dirapikan tanpa harus menggunakan setrika. Kamu bisa meletakkan celana chino di atas permukaan lembut seperti tempat tidur, lalu ratakan dengan tangan secara lembut dan perlahan. Memang sedikit membutuhkan waktu dibandingkan dengan menyetrika celana chino, namun kualitas celana chino tetap terjaga.

Merapikan celana chino dapat dilakukan secara manual, hal ini dikarenakan celana chino memiliki tipe bahan yang mudah dibentuk. Tentu saja cara manual ini tidak akan menyebabkan kerusakan pada bahan celana chino.

4. Cara Menyimpan Celana Chino

menyimpan celana chino dengan cara digantung
sumber gambar : freeimages.com

Kamu juga perlu mempertimbangkan apakah ingin celana chino-mu dilipat atau digantung ketika menyimpannya. Untuk merawat celana chino, penyimpanan sangat disarankan untuk menggantung celana ini, hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah lipatan yang muncul pada celana chino.

Celana chino yang disimpan dengan cara digantung dapat mempertahankan bentuk alami celana tersebut tanpa meninggalkan bekas lipatan.

Jika kamu lebih suka melipat celana chino yang kamu punya, kamu dapat melipatnya ketika sudah dingin setelah disetrika. Melakukan hal tersebut dapat mengurangi menonjolnya bekas lipatan ketika akan menggunakan celana chino.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu dalam merawat celana chino agar tetap awet. Karena bahan celana chino tergolong lembut, kamu harus memberi perhatian ekstra untuk merawatnya.

Meskipun membutuhkan perawatan khusus, hal tersebut tidak terlalu sulit, terutama bagi kamu yang menjadikan celana chino sebagai penunjang penampilan harianmu. Butuh usaha untuk menjaga kualitas celana chino agar terlihat baru setiap dikenakan. Kamu harus coba tips merawat celana chino yang sudah dijelaskan di atas.

Kamu tidak perlu khawatir lagi kalau celana chinomu rusak atau kualitasnya menurun. Tips merawat celana chino yang ada di atas akan mengobati kekhawatiranmu dan akan membuat penampilanmu terlihat lebih fresh. Karena kamu selalu terlihat seperti menggunakan celana chino baru setiap harinya.

You also like

Rekomendasi Model Celana Formal Pria dan Tips Memilih Celana

Celana formal merupakan salah satu item fashion yang banyak digunakan kaum pria untuk berkerja. Jika dilihat dari bentuk…

Rekomendasi Model Celana Formal Wanita

Banyak wanita yang nyaman menggunakan celana formal ketika bekerja. Meskipun bekerja di kantor para wanita karir tetap memperhatikan…

5 Rekomendasi Warna Celana Chino Yang Wajib Kamu Miliki

Celana chino merupakan celana berbahan twill atau drill. Celana chino ini salah satu celana yang terbuat dari katun…

Mencuci Celana Bahan Tebal Ternyata Tidak Sulit, kok. Ikuti Tips-Tips Berikut!

Mencuci dan merawat celana bahan tebal seperti bahan katun chino dan bahan denim jeans membutuhkan teknik khusus agar…

Cari Tahu Jenis dan Ukuran Celana Chino Sebelum Membeli

Saat ini berbagai celana chino pria, wanita, maupun anak-anak sudah muncul dalam berbagai jenis ukuran. Mulai dari size…

Macam-Macam Kain Bahan Celana yang Wajib Kamu Tahu!

Berbagai jenis bahan kain seperti katun drill, denim jeans stretch dan non stretch, kain polyester, hingga bahan thaisilk…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Ngadmin Whatsapp

isi form dibawah ini untuk chat