Mencuci Celana Bahan Tebal Ternyata Tidak Sulit, kok. Ikuti Tips-Tips Berikut!

Mencuci dan merawat celana bahan tebal seperti bahan katun chino dan bahan denim jeans membutuhkan teknik khusus agar pakaian tetap awet dan tidak mudah pudar. Berbagai cara pencucian deterjen hingga menggunakan bahan alami seperti garam, menjadi alternatif untuk mencuci celana yang kotor, maupun celana yang masih baru.

Celana bahan tebal memiliki serat yang cenderung berat dan tidak rentan sobek. Selain bahan denim dan katun, terdapat beberapa jenis celana tebal yang biasa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat celana. Seperti celana corduroi dan celana kanvas.

Meskipun berbahan berat dan seratnya yang kuat tetapi cara mencuci dan merawat jenis bahan celana tebal seperti ini juga butuh trik khusus. Sebab tekstur tebal yang dimiliki oleh celana jenis ini apabila tidak memperhatikan bagaimana cara merawat dan membersihkan dengan tepat justru akan membuat celana ini lebih mudah rapuh, cepat menipis dan warnanya cepat pudar.

Berikut ini beberapa trik khusus untuk membersihkan beberapa jenis celana tebal ;

Jenis Celana Katun, Celana Denim dan Celana Jeans

Celana jeans sebagai salah satu celana bahan tebal
Sumber gambar : ltwebstatic.com

Sebagian besar celana dengan bahan tebal memang tidak dianjurkan untuk sering dicuci. Terutama berbahan katun, denim, maupun jeans. Namun banyak anggapan yang mengatakan bahwa celana yang sering dicuci akan memberikan efek yang lebih nyaman. Efek nyaman ini mungkin terjadi karena serat pada celana yang sering dicuci menjadi sedikit melar. Sehingga tekstur celana yang semula cenderung kaku menjadi lentur karena efek pencucian. Tapi anggapan itu mungkin hanya sesuai bagi jenis celana jeans. Sebab tidak semua jenis celana berbahan tebal memiliki tingkat kelenturan yang sama.

Misalnya celana katun, meski celana ini memiliki cara perawatan dan pencucian yang sama dengan celana denim maupun jeans, tetapi celana katun tidak akan bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan celana denim atau jeans. Mulai dari serat, dan warna pakaian, celana katun lebih cepat pudar dan melar.

Tetapi anjuran untuk jarang mencuci, bukan berarti tidak mencucinya sama sekali dalam waktu yang lama. Cucilah minimal lima sampai sepuluh kali pemakaian. Atau hal itu bisa saja tergantung dari seberapa sering dan seberapa nyaman kamu memakainya. Sesuaikan dengan seleramu.

Lalu bagaimana kiat-kiat untuk tetap menjaga bahan celana katun dan denim ini lebih awet dan tidak pudar meskipun dicuci berkali-kali? berikut trik yang bisa kamu lakukan.

  1. Perhatikan Petunjuk Pemakaian

Sebelum melakukan proses pencucian lebih baik perhatikan petunjuk pencucian pada label yang tertera dibagian pinggul belakang celana denim atau jins kamu. Sehingga kamu bisa mengetahui cara merawat dan bahan apa saja yang tidak dianjurkan untuk mencuci celana kamu.

  1. Balik Celanamu Kedalam

Selalu balikkan permukaan celana kamu ketika hendak mencuci. Hal ini dapat melindungi warna bagian luar celanamu. Agar tidak terkena larutan deterjen secara langsung.

  1. Air Dingin

Gunakan air dingin dengan suhu maksimum 30 derajat. Selain membantu mengurangi celana kamu dari kepudaran, penggunaan air dingin juga dapat membantu  membersihkan serat-serat pada celana kamu yang mulai berserabut.

  1. Jangan lupa dipisah

Ingatlah untuk selalu memisahkan celana kamu dengan cucian yang lain. Kamu tentu saja tidak ingin celana jeans kamu cepat memudar, kan.

  1. Pilih Detergen yang Tepat

Untuk jenis bahan celana katun dan denim, dianjurkan menggunakan deterjen bubuk. Deterjen jenis ini mampu menjangkau bagian serat celana katun dan denim yang kecil dan tebal. Jika kamu ingin merendamnya, lakukan maksimal 45 menit saja. Lalu bilas sebanyak 3 kali.

Kamu juga bisa menambahkan pelembut pakaian. Karena sifat deterjen bubuk yang membuat tekstur pakaian menjadi lebih kasar, ada baiknya kamu merendam pelembut dan pewangi pada celana katun dan denim kamu sebelum dijemur.

  1. Hindari Suhu Panas

Hindari celana bahan tebal untuk dijemur di sinar matahari
Sumber Gambar : Kompas.com

Celana tebal jenis katun dan denim ini akan cepat menyusut jika bertemu dengan suhu panas yang tinggi. Misalnya dijemur dibawah terik matahari secara langsung, maupun penggunaan mesin pengering pakaian. Tapi kamu bisa menguranginya dengan beberapa cara. Misal jemur di tempat yang tidak terkena matahari langsung, segera keluarkan celana, ketika pengering pakaian masih dalam keadaan lembab.

  1. Jangan Terlalu Sering Disetrika

Suhu panas menjadi alasan utama mengapa celana katun dan denim ini dianjurkan untuk tidak disetrika. Tanpa disetrika pun, sebenarnya kedua bahan ini cenderung mudah dihaluskan. Misalnya dengan menggantungnya, atau kamu bisa menggunakan tanganmu untuk mengelus bagian-bagian yang kusut.

Jika kamu masih ingin tetap menyetrika celanamu, pastikan kamu sudah mengatur suhu setrika kamu pada titik terendah.

Garam, Bahan Alami Penghilang Noda

Garam sebagai bahan alami penghilang noda pada celana bahan tebal
Sumber gambar : tribunnews.com

Sejak dahulu garam menjadi salah satu bahan andalan untuk menghilangkan noda pakaian. Karena kandungan yang ada pada gara mampu meluruhkan noda bekas makanan dan lumpur. Selain itu gara juga dipercaya bisa membantu mempertahankan warna pada celana kamu supaya tidak cepat pudar.

Kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut dirumah;

  1. Larutkan 2 sendok makan garam dengan 5 liter air dingin dalam bak
  2. Rendam celanamu hingga 1 jam
  3. Bilas, Lalu keringkan

Manfaat lainnya, kamu bisa mencampurkan larutan gara dengan cuka untuk merendam celana baru kamu. Larutan ini dipercaya dapat mengikat warna baru pada celanamu agar tidak cepat pudar. Satu lagi, melarutkan garam pada sabun deterjen juga dapat menghindarikan celana kamu dari kelunturan.

Perawatan

Jangan menarik celana bahan tebal
Sumber Gambar beautynesia.id

Selain trik khusus dalam pencucian, perawatan dan pemakaian pun juga perlu kamu perhatikan. Dilansir dari laman Eco Age, berikut hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan pada celanamu;

  1. Jangan manarik bahan celana katun denimu. Hal itu bisa terjadi saat kamu menggunakan sabuk. Secara tidak sengaja sabuk yang kamu kencangkan bisa menarik seratnya. Hati-hati,
  2. Pastikan kamu selalu mengencangkan tutup ritsleting atau kancing sebelum kamu mencucinya.

Jenis Celana Corduroi

Jenis celana bahan tebal yaitu corduroy
Sumber Referensi : Stylo.id

Sama-sama berbahan tebal seperti halnya celana katun dan celana denim, langkah pencucian serta perawatannya pun tak jauh berbeda. Misalnya memisahkan bahan cucian agar tidak pudar, menghindari suhu panas dengan tidak menjemur dibawah sinar matahari, dan mengurangi penyetrikaan.

Hanya saja dalam proses pencucian, celana korduroi harus dicuci dengan deterjen cair dan lembut. Berbeda halnya dengan bahan katun dan denim yang harus dicuci dengan deterjen bubuk karena seratnya yang lebih kaku dan lebih padat.

 

Hindari penggunaan deterjen bubuk, sebab tekstur bubuk pada deterjen dapat menempel pada permuka bulu-bulu halus pada korduroy. Jika tidak ada sabun cair, kamu bisa menggantinya dengan sabun colek.

Hindari pencucian celana corduroi menggunakan mesin cuci dan mesin pengering. Karena tekstur dana bahan korduroi ini akan cepat rentan jika dicuci dengan mesin.

Nah, itu dia tips dan kiat-kiat yang bisa kamu terapkan untuk merawat dan mencuci beberapa celana bahan tebal yang kamu miliki. Semoga artikel ini bisa membantumu mempermudah dalam merawat celana kesayanganmu agar awet lebih lama.

You also like

Rekomendasi Model Celana Formal Pria dan Tips Memilih Celana

Celana formal merupakan salah satu item fashion yang banyak digunakan kaum pria untuk berkerja. Jika dilihat dari bentuk…

Rekomendasi Model Celana Formal Wanita

Banyak wanita yang nyaman menggunakan celana formal ketika bekerja. Meskipun bekerja di kantor para wanita karir tetap memperhatikan…

4 Tips Merawat Celana Chino

Celana chino merupakan celana yang lebih populer di kalangan pria, namun banyak juga wanita yang menggunakan celana chino…

5 Rekomendasi Warna Celana Chino Yang Wajib Kamu Miliki

Celana chino merupakan celana berbahan twill atau drill. Celana chino ini salah satu celana yang terbuat dari katun…

Cari Tahu Jenis dan Ukuran Celana Chino Sebelum Membeli

Saat ini berbagai celana chino pria, wanita, maupun anak-anak sudah muncul dalam berbagai jenis ukuran. Mulai dari size…

Macam-Macam Kain Bahan Celana yang Wajib Kamu Tahu!

Berbagai jenis bahan kain seperti katun drill, denim jeans stretch dan non stretch, kain polyester, hingga bahan thaisilk…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Ngadmin Whatsapp

isi form dibawah ini untuk chat