Cari Tahu Jenis dan Ukuran Celana Chino Sebelum Membeli

Saat ini berbagai celana chino pria, wanita, maupun anak-anak sudah muncul dalam berbagai jenis ukuran. Mulai dari size chart s, m, l, xl, bahkan hingga xxl. Selain itu, model dan bentuk celana chino sudah memiliki banyak variasi baru. Seperti jenis celana slim fit, celana chino pendek, skinny fit, dan boot fit yang tentu harus kamu kenali dengan jeli sebelum membelinya. Agar bentuk dan ukuran celana chino bisa sesuai dengan postur tubuhmu.

Namun, sebelum mengetahui jenis dan ukuran celana chino yang akan kamu incar, tidak ada salahnya kamu mengenal sedikit bagaimana asal usul celana ini diciptakan. Yuk, simak!

Sejarah Panjang Celana Chino

Siapa yang tidak asing dengan celana chino. Tentu saja semua orang menyukai jenis celana ini sebagai outfit andalan untuk setiap kesempatan. Dengan model dan piilihan warna yang trendi, pantas saja celana ini sangat populer dan menjadi pilihan tren busana beberapa tahun kebelakang ini. Bahkan menyaingi saingan terberatnya, yakni celana jeans yang selalu menjadi celana favorit hampir setiap orang.

Pilihan warna, ukuran, dan bentuknya mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai setelan outfit kamu. Bahannya pun lebih ringan jika dibandingkan dengan celana jeans yang berbahan denim tebal. Celana chino sendiri terbuat dari bahan bahan katun twill drill. Bahan twill drill adalah jenis kain yang berbentuk tenun diagonal. Katun twill drill lebih dikenal sebagai katun china. Dengan tekstur yang lebih tipis, ringan, dan agak lentur.

Sesuai dengan penyebutannya, “Chino,” Celana ini memang berasal dari Tiongkok/China pada zaman awal kemunculannya. Karena materialnya menggunakan katun yang diimpor dari sana. Istilah Chino ini pun muncul dari orang Filipina yang menggunakan aksen bahasa campuran tagalog dan spanyol.

Sebenarnya celana chino ini bukan jenis celana model terbaru. Bahkan celana ini pernah menjadi tren busana pada era perang dunia ke-II. Beberapa pabrik pemintal kapas di California Utara, Cramerton Mills pun sampai digunakan untuk membuat jutaan celana prajurut militer pada masa itu. Bahkan sampai perang berakhir, celana ini masih digunakan oleh para prajurit untuk aktifitas sehari-hari.

Celana ini pun terus dimodifikasi, dan dikreasikan. Tak ayal, celana ini terus saja menjadi tren busana dibeberapa era, bahkan hingga saat ini. Tak hanya sebagai celana simbol pria terkini, celana ini juga kian digemari wanita dan anak-anak dengan berbagai model, bentuk, warna dan ukuran.

Kenali Berbagai Jenis Celana Chino yang Sesuai Dengan Tubuh Kamu

Saat ini banyak tersedia macam ukuran dan bentuk celana chino yang bisa kamu sesuaikan dengan karakter dan postur tubuh kamu. Sebelum memilih ukuran dan bentuknya, pastikan kamu sudah mengenal bagaimana postur tubuh kamu dengan baik. Agar kamu tidak bingung memilih jenis celana chino mana yang nyaman saat kamu pakai, dan tentunya sesuai dengan karakter kamu.

  • Regular Fit

Celana chino regular fit
Sumber Gambar : Shopee.co.id

Jenis celana ini memiliki bentuk potongan lurus kebawah dari pinggang, paha, hingga ujung celana. Celana ini akan terasa pas di bagian pinggang, namun tetap longgar pada bagian pinggul dan tungkai kaki. Celana ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki paha dan pinggul yang besar serta kamu yang tidak menyukai celana yang membentuk postur tubuh.

Pada bagian paha yang longgar,  area ini menyamarkan bentuk tubuh kamu yang sebenarnya. Sedangkan bagian pinggang yang pas tidak akan memberikan kesan kedodoran atau celana kebesaran di tubuh kamu.

  • Slim Fit

 

Celana chino slim fit
Sumber Gambar : Blibli.com

Celana ini sangat cocok bagi kamu yang percaya diri untuk mengekspos bentuk tubuhmu. Terlebih jika kamu memiliki postur tubuh kecil dan panjang, celana ini tentu akan lebih terlihat bagus. Karena dapat memberikan efek langsing dan ramping pada kakimu yang kecil dan panjang.

Bentuk potongan pada celana jenis ini disesuaikan dengan bentuk paha dan kaki. Dengan potongan makin mengerucut hingga ujung celana.

  • Skinny Fit

Celana chino skinny fit
Sumber Gambar : Shopee.co.id

Celana jenis ini hampir mirip dengan celana bentuk slim fit. Hanya saja potongannya lebih ketat. Mulai dari paha hingga mengikuti lekukan kaki. Panjangnya pun berbeda dnegan celana slim fit. Potongan celana ini biasanya hanya sampai mata kaki.

Karena bentuknya yang sangat ramping dan lebih ketat membentuk tubuh, tentu saja bahan yang digunakan lebih strech atau lebih melar. Agar ketika dipakai oleh si pemakai tidak terasa sempit dan lebih nyaman untuk bergerak. Celana jenis ini juga banyak digemari di Indonesia.

  • Boot Cut

Celana chino boot cut
Sumber Gambar : tokopedia.com

Jika kamu yang tidak percaya diri dengan betismu yang besar, celana ini bisa menjadi solusi kamu untuk menyamarkan bentuk betis kamu yang besar. Bentuk potongannya ramping pada bagian pinggang dan paha hingga lutut, lalu melebar pada bagian betis hingga ujung kaki.

Selain bisa menutupi area betismu, celana ini juga bisa memberikan kesan ramping karena paha dan pinggul nya pas membentuk tubuhmu.

  • Celana Chino Pendek

celana chino pendek
Sumber Gambar : bukalapak.com

Model celana ini merupakan hasil modifikasi bagi kamu yangingin tampil lebih casual dengan celana chino. Selain bahannya yang cenderung tidak kaku, potongan pendek ini juga membuatmu semakin nyaman untuk bebas bergerak.

Periksa Ukuran yang Sesuai dengan Bentuk Tubuhmu

Ukuran yang pas dan sesuai dengan bentuk tubuh, tentu saja akan mempengaruhi kepercayaan diri dalam berpakaian. Jadi sebelum kamu membeli celana chino favoritmu, pastikan sudah kamu coba-coba, ya. Supaya kamu tahu panjang bentuk potongan yang sesuai untuk pinggang, paha dan kaki yang kamu inginkan.

Berikut beberapa ukuran yang harus jamu perhatikan jika hendak membeli celana chino impian ;

  • Perhatikan Ukuran Pinggang

Bentuk pinggang yang tidak pas seringkali menjadi masalah bagi sebagian besar orang yang memakai celana. Pinggang kesempitan akan terasa sesak, sedangkan pinggang kebesaran akan terasa kedodoran dan melorot jika dipakai. Mungkin terkadang dapat diakali dengan pemakaian sabuk. Namun alangkah lebih baik jika sebelum membeli, kita memperhatikan ukuran pinggang yang sesuai agar ketika dipakai terasa lebih nyaman. Ukuran pinggang dikatakan sesuai apabila celana yang dipakai tetap menempel pada bagian pinggang.

Pilihan celana dengan pinggang berkaret menjadi salah satu solusi bagi kamu yang kesulitan menemukan ukuran yang sesuai. Misalnya ukuran pinggang yang terlalu kecil, atau ukuran perut yang tambun. Beberapa model celana chino juga menyediakan pilihan celana berkaret.

  • Panjang Celana

Hal lain yang harus kamu perhatikan selain ukuran pinggang adalah panjang celana. Karena ukuran panjang celana terkadang tidak memiliki kesatuan seperti pinggang. Jadi pasti ada saja celana yang panjangnya tidak pas dengan panjang kakimu. Terkadang ukuran pinggang kamu sudah sesui, tapi ukuran kakinya terlalu panjang, dan sebaliknya. Namun kesesuaian panjang dan pendeknya celana ini sebenarnya mengikuti selera kamu dalam berpenampilan.

Celana chino dengan model kepanjangan bisa memberikan kelebihan. Misalnya panjang celana yang menutupi hingga melebihi mata kaki juga bisa memberikan efek kaki lebih jenjang pada si pemilik kaki yang pendek. Kamu pun bisa melipat celana kepanjang. Namun disini kamu harus menyesuaikan dengan perpaduan pakaian kamu yang lain.

Sedangkan bagi kamu yang memiliki postur tubuh tinggi dengan kaki jenjang, kamu bisa dengan bebas memakai setelan celana panjang atau pendek diatas mata kaki.

  • Pastikan Potongan Celana Kamu Sesuai

Sebagian besar dari celana chino memang didesain dengan potongan yang ramping. Pastikan kamu memilih potongan pada bagian paha lebih besar 1 inci dari lebar pahamu. Sebab menggunakan potongan celana yang sangat pas dengan tubuhmu juga dapat memberikan efek yang tidak nyaman jika berjalan atau duduk.

 

Selain itu, bentuk celana dengan potongan yang sangat pas juga akan menyebabkan celana chino kesayangan kamu jadi molor. Mengingat serta pada bahan celana chino sedikit melar.

Warna

Celana chino pada awalnya hanya tersedia dalam satu warna. Yakni warna coklat terang yang biasa dipakai oleh para prajurit pada saat itu. Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan dan tren celana chino tidak padam. Sehingga celana ini terus mengalami kreasi dan modifikasi. Celana chino kini pun muncul dengan banyak variasi warna.

  • Warna Netral Selalu Jadi Andalan

Celana chino dengan pilihan warna netral
Sumber Gambar : Shopee.co.id

Warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, biru dongker, hijau olive dan khaki sampai saat ini masih menjadi favorit bagi sebagian besar orang. Warnanya mudah dipadupadankan dengan berbagai setelan outfit kamu. Entah itu setelah motif, polos, maupun setelan dengan waran-warna terang.

Pemilihan warna-warna netral juga bisa dipakai dalam berbagai acara. Jika dipakai di acara formal, celana chino dengan warna netral ini menjadi pilihan yang pas untuk kamu yang masih ingin trendi tapi tetap tampil rapi. Sedangkan untuk acara informal, seperti hangout bersama teman atau pergi berlibur, celana ini juga masih sesuai dengan outfit kamu jika ingin tetap tampil lebih santai.

Selain itu pemilihan warna netral pada celana berwarna gelap juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki masalah kepercayaan diri terhadap bentuk badan. Warna-warna gelap dapat menyamarkan bentuk tubuh kamu yang menonjol atau berlebih.

  • Apa Perbedaan Celana Khaki dengan Celana Chino?

Celana chino berwarna khaki
Sumber Gambar : cloudfront.net

Terkadang banyak orang mengira bahwa celana chino berbeda dengan celana khaki. Padahal sebenarnya celana chino adalah jenis celananya. Sedangkan khaki adalah salah satu jenis warna dari varian celana chino itu.

Tidak heran dengan banyaknya orang menyebutnya dengan sebutan celana khaki. Karena hingga saat ini, warna khaki dan warna-warna tanah memang selalu menjadi favorit dan diidentikkan dengan warna celana chino.

  • Celana Warna, Siapa Takut?

Celana chino dengan pilihan warna terang
Sumber Gambar : tribunnews.com

Jika kamu percaya diri dengan tampilan yang lebih berwarna, kamu bisa mencoba pilihan warna cerah dari celana chino yang kini sudah beragam. Misalnya celana chino dengan warna biru terang, kuning, merah, dan warna mencolok lainnya.

Kamu bisa memadupadankan pilihan celana warna mencolok dengan atasan netral seperti kaos, kemeja, atau outer berwarna putih, krem, dan hitam.

Semoga artikel ini dapat membantumu untuk lebih jeli dalam memilih celana chino idaman yang sesuai dengan postur tubuhmu. Jadi kamu bisa tampil lebih percaya diri dengan setelan chino barumu.

You also like

Rekomendasi Model Celana Formal Pria dan Tips Memilih Celana

Celana formal merupakan salah satu item fashion yang banyak digunakan kaum pria untuk berkerja. Jika dilihat dari bentuk…

Rekomendasi Model Celana Formal Wanita

Banyak wanita yang nyaman menggunakan celana formal ketika bekerja. Meskipun bekerja di kantor para wanita karir tetap memperhatikan…

4 Tips Merawat Celana Chino

Celana chino merupakan celana yang lebih populer di kalangan pria, namun banyak juga wanita yang menggunakan celana chino…

5 Rekomendasi Warna Celana Chino Yang Wajib Kamu Miliki

Celana chino merupakan celana berbahan twill atau drill. Celana chino ini salah satu celana yang terbuat dari katun…

Mencuci Celana Bahan Tebal Ternyata Tidak Sulit, kok. Ikuti Tips-Tips Berikut!

Mencuci dan merawat celana bahan tebal seperti bahan katun chino dan bahan denim jeans membutuhkan teknik khusus agar…

Macam-Macam Kain Bahan Celana yang Wajib Kamu Tahu!

Berbagai jenis bahan kain seperti katun drill, denim jeans stretch dan non stretch, kain polyester, hingga bahan thaisilk…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Ngadmin Whatsapp

isi form dibawah ini untuk chat