Ini dia 7 Cara Merawat Celana Chino, yang Bisa Kamu Terapkan Dirumah. Yuk Intip Sekarang!

Celana chino berwarna khaki yang populer
Sumber Gambar : idntimes.com

Mencuci dan merawat celana chino memang membutuhkan perhatian khusus. Mulai dari pemilihan jenis sabun pembersih agar celana chino tidak mudah luntur dan pudar, teknik khusus dalam menyetrika, hingga mengatasi masalah noda yang menempel pada celana chino.

Tak seperti celana jeans berbahan denim yang cenderung kaku, celana chino terbuat dari bahan katun yang lebih ringan. Bahan katun ini didesain menyerupai model celana jeans yang banyak disukai oleh sebagian besar orang. Sehingga celana chino bisa menjadi alternatif pengganti celana jeans, dengan bahan kain yang lebih lembut tentunya.

Namun bahan kain katun tak memiliki kelebihan seperti bahan denim jeans yang lebih kuat dan awet dalam waktu yang lama. Sebab jenis bahan kain katun berwarna cenderung lebih cepat pudar. Untuk itu diperlukan beberapa tips khusus untuk merawat celana chino. Mulai dari mencuci, menghilangkan noda, menyetrika, bahkan hingga melipatnya pun harus diperhatikan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat celana chino kamu :

Jangan Dicuci Terlalu Sering

Sebagian besar orang memang cenderung segera mencuci baju mereka dalam satu kali pemakaian. Namun hal ini harus dihindari jika kamu memakai celana chino. Karena bahannya yang mudah pudar, usahakan untuk tidak segera mencuci celana chino kamu begitu selesai dipakai. Pakailah beberapa kali, minimal 3 atau 4 kali pemakaian sampai celana itu benar-benar kotor.

Kamu tidak perlu khawatir apabila celana chino kamu akan bau karena jarang dicuci. Sebab bahan kain katun pada celana chino ini tidak mudah menyerap keringan. Jadi, meskipun dipakai berkali-kali, celana chino kamu minimal tidak akan berbau keringat karena aktifitas seharian.

Selain itu, celana chino kesayangan kamu juga pasti akan lebih awet jauh lebih lama jika kamu tidak terlalu sering mencucinya. Sebab air dan deterjen yang dipakai untuk mencuci celana chino kesayangan kamu beberapa kali, dapat menyebabkan celana tersebut meregang dan akan cepat lapuk. Akibatnya, celana chino kamu akan menipis dan mudah sobek. Tentu saja kamu tidak akan mau kehilangan celana andalan kamu secepat itu. Jadi usahakan untuk tidak terlalu sering memakainya, agar kamu masih memiliki waktu lebih lama untuk memiliki celana chino kesayangan kamu.

Gantung Saja

Sehabis dipakai, lebih baik segera gantung celana chino kamu di tempat sejuk. Jangan menjemurnya dibawah matahari atau ruangan dengan suhu panas. Cukup jemur di ruangan yang sejuk berangin dan terang. Hal itu saja sudah ampuh membuat celana kamu bebas dari bakteri dan jamur yang menempel. Jangan lupa berikan pewangi agar celana kamu tidak bau dan apek ketika dipakai kembali.

Gunakan Detergen yang Sesuai

Selain harus dipisahkan dengan pakaian lain, celana chino juga membutuhkan trik khusus dalam memilih bahan untuk mencucinya. Sebab cara pencucian yang sebarangan akan makin membuat celana chino kesayangan kamu cepat rusak dan tidak awet.

Deterjen bubuk yang lebih ampuh mengatasi noda pada celana chino
Sumber Gambar : kompas.com

(1)       Detergen dan Pelembut

Menurut Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care Wings Group mengatakan bahwa bahan sejenis katun, jeans, serta kaus bisa dicuci menggunakan detergen bubuk. Karena bahan dan seratnya yang tebal, deterjen bubuk bisa menjangkau noda dan kotoran pada celana chino kamu.

Berbagai jenis detergen juga harus kamu perhatikan juga, misal untuk celana yang terkena noda, gunakan deterjen khusus penghilang noda. Tapi apabila celana chino kamu baik-baik saja, gunakan detergen berbahan lembut atau detergen khusus untuk baju berwarna.

Disadur dari website How to Clean Stuff, penggunaan detergen bubuk yang cenderung lebih kasar jika dibandingkan dengan sabun colek atau detergen cair. Hal ini mungkin akan sedikit membuat celana chino kesayangan kamu lebih kasar. Jadi kamu boleh memberikan bahan pelembut pakaian setelah mencuci celana kamu menggunakan deterjen. Selain membuatnya lebih lembut dan halus, tentunya celana chino kesayangan kamu akan lebih wangi.

Sebelum mulai pencucian memang ada baiknya kamu harus mengecek label yang tertera pada pakaian mengenai perawatan dan petunjuk pencucian pada celana chino kamu. Agar pencucian yang kamu lakukan sudah sesuai dengan bahan celana chino yang sudah kamu beli. Sehingga celana chino kesayangan kamu tidak cepat rusak.

(2)        Selalu Gunakan Air Dingin

Pencucian menggunakan air dingin lebih dianjurkan untuk bahan katun. Karena warna pada kain katun mudah pudar, kamu harus berhati-hati terhadap air yang bersuhu panas. Sebab air panas dapat menyebabkan warna pada celana chino kesayangan kamu akan lebih cepat pudar.

(3)        Mencuci dengan Mesin Cuci

Mencuci celana chino menggunakan mesin cuci
Sumber Gambar : liputan6.com

Pakaian berbahan katun sebenarnya disarankan dicuci menggunakan tangan. Tidak disarankan menggunakan mesin cuci. Tapi kamu bisa mengubah setting pengaturan khusus pada mesin cuci kamu jika hendak mencuci celana chino. Ubahlah setelan mesin cucimu pada pengaturan yang lebih yang lebih lembut. Perputaran yang lebut dan cenderung pelan ini, akan membuat warna celana chino kamu lebih awet dan tidak pudar.

Menghilangkan Noda

Celana chino meman rentan jika terlalu sering dicuci. Lalu bagaimana jika bagian celana kamu terkena noda? Jangan panik dulu!

  • Gosok dengan Handuk

Bahan serat pada handuk dipercaya efektif menyerap noda yang menempel. Cobalah bersihkan bagian celana chino kamu yang terkena noda dengan cara menggosoknya.

  • Rendam dengan Deterjen

Setelah noda menempel hilang, berikan sedikit deterjen pada bagian bernoda saja. Kemudian rendam menggunakan air hangat suhu kuku. Hindari air bersuhu panas, karena bisa merusak celana chino kesayangan kamu.

Awas Kelunturan!

Selain berbagai model dan bentuknya yang bermacam-macam, saat ini celana chino juga sudah tersedia dalam berbagai warna. Celana chino umumnya memiliki warna yang pekat, berani serta bervariasi. Apabila kamu baru saja membeli celana chino, baiknya kamu harus berhati-hati apabila hendak mencucinya.

Karena sifat kain katun yang mudah pudar, tak pelak jika celana chino berwarna juga pasti akan mudah luntur. Jadi pastikan kamu selalu memisahkan celana chino kesayangan kamu dengan pakaian yang lain jika hendak mencucinya. Agar tidak kelunturan. Tentu akan sayang sekali jika pakaian kamu yang lain akan kelunturan, dan warna celana chino baru kamu memudar.

Jangan Jemur Dibawah Sinar Matahari

Setelah mencucinya, usahakan jangan jemur celana chino kamu dibawah sinar matahari langsung. Karena sifat celana chino yang berwarna pekat, cerah, dan monoton akan cepat memudar jika terkena suhu panas matahari secara langsung. Tak hanya warna yang memudar, panas matahari akan membuat celana chino kamu cepat menyusut. Tentu kamu tidak ingin bentuk asli dari celana chino kamu berubah, kan?

Cara Manual Selain Menyetrika

Menyetrika celana chino lebih baik dimulai dari dari bagian pinggul
Sumber Gambar : fitinline.com

Karena cukup rentan dengan suhu panas, sebaiknya kamu tidak menyetrika celana chino kamu. Karena suhu setrika yang panas juga bisa membuat celana chino kamu menyusut dan berubah bentuk. Untuk itu hindari terlalu sering menyetrikanya.

Cara manual bisa kamu lakukan, misalnya dengan meletakkan celana chino kamu diatas permukaan yang halus dan rata, kemudian ratakan bagian-bagian kusutnya dengan tangan secara perlahan. Karena seratnya yang mudah dibentuk, cara manual ini tentu saja tidak akan sulit untuk menghaluskannya. Setelah itu, gantung saja celana chino kamu. Baik setelah pemakaian atau setelah dijemur, agar tidak terlalu kusut.

Lalu bagaimana jika masih kusut dan mengharuskan kamu untuk menyetrika? Ada beberapa kiat-kiat yang bisa kamu lakukan ;

  • Suhu Minimum

Pastikan pengaturan suhu pada setrika kamu terletak di angka minimum. Dengan menggunakan suhu minimum saja, celana chino kamu sudah bisa halus.

  • Dibalik

Ketika akan menyetrika, baliklah permukaan celana kedalam. Hal ini untuk melindungi warna luar celana  kamu terhadap panas setrika agar tidak mudah pudar.

  • Mulai dari Pinggang

Ketika belum terlalu panas, mulai dari bagian pinggang. Lanjut menuju saku samping dan belakang. Setelah suhu mulai memanas, kamu bisa menyetrika seluruh bagian tersisa.

  • Jangan Langsung Dilipat

Setelah disetrika, jangan buru-buru untuk melipatnya. Lebih baik tunggu hingga efek panas dari setrika hilang atau dingin, baru kamu boleh melipatnya. Tapi sebenarnya lebih baik gantung saja agar tidak mudah melar dan kusut.

Nah, itu tadi kiat-kiat yang bisa kamu lakukan agar celana chino kesayangan kamu lebih awet dan tidak cepat pudar. Semoga membantu.

You also like

Rekomendasi Model Celana Formal Pria dan Tips Memilih Celana

Celana formal merupakan salah satu item fashion yang banyak digunakan kaum pria untuk berkerja. Jika dilihat dari bentuk…

Rekomendasi Model Celana Formal Wanita

Banyak wanita yang nyaman menggunakan celana formal ketika bekerja. Meskipun bekerja di kantor para wanita karir tetap memperhatikan…

4 Tips Merawat Celana Chino

Celana chino merupakan celana yang lebih populer di kalangan pria, namun banyak juga wanita yang menggunakan celana chino…

5 Rekomendasi Warna Celana Chino Yang Wajib Kamu Miliki

Celana chino merupakan celana berbahan twill atau drill. Celana chino ini salah satu celana yang terbuat dari katun…

Mencuci Celana Bahan Tebal Ternyata Tidak Sulit, kok. Ikuti Tips-Tips Berikut!

Mencuci dan merawat celana bahan tebal seperti bahan katun chino dan bahan denim jeans membutuhkan teknik khusus agar…

Cari Tahu Jenis dan Ukuran Celana Chino Sebelum Membeli

Saat ini berbagai celana chino pria, wanita, maupun anak-anak sudah muncul dalam berbagai jenis ukuran. Mulai dari size…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Ngadmin Whatsapp

isi form dibawah ini untuk chat