Macam-Macam Kain Bahan Celana yang Wajib Kamu Tahu!

Berbagai jenis bahan celana
Sumber Gambar : pusatkonveksi.com

Berbagai jenis bahan kain seperti katun drill, denim jeans stretch dan non stretch, kain polyester, hingga bahan thaisilk menjadi bahan andalan untuk membuat celana dengan model yang sedang populer. Seperti celana chino, baggy pants, kulot, hingga celana kolor yang berkualitas bagus.

Dijaman modern seperti ini, siapa sih yang tidak memiliki setelan celana? Celana sendiri merupakan pakaian luar yang menutupi bagian pinggang kebawah sesuai dengan panjang yang dibutuhkan. Celana memang menjadi salah satu setelan dasar yang wajib ada untuk melengkapi gaya berpakaian setiap orang. Karena celana mencakup segala macam kebutuhan berpakaian sehari- hari dengan beragam aktifitas. Mulai dari kebutuhan untuk sekolah, kerja, bersantai, olahraga, hingga kegiatan ekstrim.

Untuk memenuhi kebutuhan yang beragam, celana muncul dalam berbagai jenis. Misalnya celana panjang, celana pendek, celana kombor, celana sepan, celana kolor, dan sebagainya. Bentuk dan model celana pun terus berkembang hingga saat ini. Mengikuti selera dan kebutuhan pasar yang terus beragam.

Selain bentuk dan modelnya yang beragam, jenis kain yang dibutuhkan pun bermacam-macam sesuai dengan jenis aktifitasnya. Sebab kebutuhan celana dengan bahan yang sesuai di suatu aktifitas, dapat menunjang kenyamanan maupun kepercayaan diri si pemakai celana. Jadi jangan sampai salah memilih jenis celana, ya!

Berikut ini beberapa jenis kain untuk membuat celana yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas sehari-hari. Supaya kamu lebih tau kelebihan dan kekurangan dari berbagai jenis celana yang sering kamu pakai;

Bahan Celana Kerja

Kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan jenis kain khusus apa yang sesuai untuk aktifitas kerja kamu dikantor. Kebutuhan celana untuk aktifitas kerja justru memiliki banyak pilihan jenis kain yang bisa kamu pakai. Banyak jenis kain yang bisa memenuhi standar pakaian formal kamu jika dipadukan dengan setelan yang tepat. Tinggal sesuaikan saja bahan jenis apa yang nyaman kamu pakai.

Berikut ini beberapa pilihan bahan kain dari segi kekurangan dan kelebihan, untuk menyesuaikan kenyamanan dan kebutuhan kamu saat bekerja;

  • Kain Katun

Jenis kain katun terbuat dari serat alami bahan kapas yang melalui beberapa tahapan. Mulai dari proses pemintalan, digulung, tenun, hingga finishing atau dyening. Untuk memperoleh serat kapas murni, pembersihan dilakukan hingga hanya menyisakan 10% dari berat kotornya. Sehingga jenis kain yang halus, lembut, ringan.

Karena terbuat dari serat kapas yang bersifat breathable, membuat bahan ini menjadi mudah menyerap keringat dan akan membuat si pemakai tidak gerah. Kain katun juga lebih mudah dirawat dan tidak mudah luntur. Namun kain ini cenderung mudah kusut. Terutama pada bagian betis dan lutut.

  • Kain Drill

Bahan celana kain Katun Drill
Sumber Gambar : liputan6.com

Kain drill mempunyai tekstur seperti pintalan diagonal dengan jalinan benang yang kuat. Kain ini terbagi menjadi tiga bagian berdasarkan besar kecilnya serat. Mulai dari twill drill, american drill, hingga japan drill yang memiliki tekstur serat paling besar.

Jenis kain ini memang sangat tepat untuk setelan formal. Karena bahannya yang tebal, kuat, dan seratnya rapat. Sehingga lebih tahan kusut, lembut. Namun dianggap berat bagi beberapa orang karena ketebalan seratnya.

Celana dengan bahan kain drill yang menjadi andalan untuk bekerja adalah celana chino yang terbuat dari bahan twill drill.

  • Kain Thaisilk

Thaisilk merupakan salah satu dari jenis kain yang berasal dari serat sutera. Seperti hal nya serat sutera, kain ini memiliki ciri-ciri mengkilat, tipis, dan lembut. Karena bahan kainnya yang mengkilap, memakai celana berjenis thaisilk ini akan membuat penampilanmu tampak lebih mewah.

Biasanya jenis kain seperti ini sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat celana kulot. Karena sifat kainnya yang lemas dan jatuh.

  • Kain Corduroy

Celana dengan bahan corduroy ini tak hanya digunakan sebagai setelan pakaian santai. Bahan ini juga masih cocok dijadikan sebagai setelan pakaian formal karena tekstur dan warnanya yang elegan.

Terbuat dari berbagai jenis serat, seperti acrylic, rayon, spandek, poliester, dan katun. Sehingga membuat jenis kain ini terlihat tebal, hangat dan lebih tahan lama.

Karena terdapat jenis bahan spandek dalam seratnya, menjadikan kain ini sedikit melar. Seperti kekurangan pada kain jenis yang melar, kamu harus berhati-hati pada bagian lutut dan betis ketika duduk. Karena akan membuat celana corduroy mu mudah melar.

  • Kain Denim

Bahan celana kain denim jeans
Sumber Gambar : Ethicacollection.com

Siapa yang tak kenal dengan celana jeans? Celana populer yang hampir dimiliki oleh setiap orang ini terbuat dari proses panjang dari kain berbahan denim. Bahan ini dikenal tebal, berat, memiliki serat yang kuat. Sehingga kain ini lebih awet dan tahan lama.Bahan denim sendiri terbuat dari serat kapas yang dibuat kasar, kemudian ditenun secara diagonal.

Seperti halnya celana chino, saat ini celana berbahan denim juga sudah memiliki berbagai varian warna yang elegan. Sehingga bisa menjadi alternatif outfit dengan setelan semi formal untuk pergi bekerja.

Bahan Celana Olahraga

Aspek penting dari bahan celana untuk aktifitas olahraga adalah kenyamanan dan kelenturan untuk bergerak bebas. Biasanya jenis kain yang dibutuhkan untuk olahraga cenderung berbahan lentur, mudah menyerap keringat, dan lebih ringan.

Berikut ini beberapa bahan kain yang bisa disesuaikan dengen jenis olahraga kamu ;

  • Kain Jersey

Jersey merupakan bahan rajutan yang terbuat dari 100% katun dan serat sintetis. Karakter kain ini halus, lembut, tidak berbulu, dan sedikit melar. Jenis kain ini sering digunakan sebagai bahan celana dan kaos atlet sepak bola.

  • Kain Spandex

Bahan kain spandex
Sumber Gambar : pusathijabterbaru.com

Jenis kain ini sangat populer dan identik dengan setelan pakaian olahraga. Sering ditemui pada jenis pakaian renang, yoga, balap sepeda, serta senam aerobic.

Kain ini terbuat dari bahan kaos dan serat sintesis. Sehingga membuat jenis kain ini cepat kering, mudah menyerap keringat, halus, sangat kuat, dan elastis untuk bebas bergerak ketika berolahraga.

  • Kain Paragon

Hampir mirip dengan jersey, bahan kaos yang masih berbahan polyester ini bertekstur tebalĀ  dan melar. Bahan ini biasa ditemui pada pakaian atlet basket.

  • Kain Lotto

Kain ini memiliki ketebalan yang hampir mirip dengan bahan katun, tapi bertekstur lebih ringan, halus, dan lembut. Jenis kain ini biasa kita temui sebagai bahan dasar pembuatan celana training.

  • Kain Hyget

Kain jenis ini juga berbahan kaos tetapi memiliki campuran polyester dan bahan katun. Kain ini juga sering dipakai sebagai bahan celana atlet sepak bola, voli, dan futsal.

  • Kain Wafer

Meskipun bahannya tidak sebagus bahan katun, kain wafer ini juga masih mudah menyerap keringat dan ringan. Kain ini adalah memiliki ciri pola berbentuk wajik, sebagai hasil dari proses penenunan.

  • Kain Diadora

Ciri khas dari jenis kain ini adalah teksturnya yang mengkilap dan masih memiliki daya serap yang cukup baik. Kain jenis ini juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan celana training mengkilap.

  • Kain Dri Fit

Selain spandex, kain jenis ini juga populer. Terutama di kalangan pecinta olahraga lari, tenis, dan golf. Kain ini juga terbuat dari bahan kaos, polyester, spandex, serta campuran nilon.

Beberapa jenis kain dri fit yang direkomendasikan untuk membuat celana olahraga adalah drift Polymesh, drift mtiis, drift nike, drift ferrari, dan masih banyak lagi.

  • Kain Adidas

Hampir mirip dengan jenis kain Lotto yang memiliki tekstur kain yang tebal, kain paragorn juga seringkali digunakan sebagai bahan pembuatan celana training. Dinamakan adidas, karena sebagian besar produk Adidas menggunakan kain ini sebagai bahan pembuatan celana dan jaketnya.

Bahan Celana Gunung

Berkegiatan di area ekstrim, seperti hutan, wilayah salju maupun padang pasir memang tidak menentu. Dibutuhkan kain yang cukup fleksibel untuk kondisi yang tidak menentu seperti perubahan iklim, cuaca, dan suhu. Sehingga kondisi tersebut memang membutuhkan spesifikasi kain yang berbahan ringan, cepat kering, tahan air, serta memiliki serat yang memiliki pori-pori kecil untuk menghalau angin, atau cuaca yang sangat dingin maupun panas selama keraktifitas.

Berikut ini beberapa pilihan celana untuk beraktiftas di lingkungan ekstrim;

  • Kain Kanvas

Dengan bahan yang tebal dan seratnya yang kuat, kain kanvas ini mampu melindungi diri dari goresan kayu, dan batu tajam ketika beraktifitas di gunung. Selain itu, seratnya yang tebal juga mampu melindungi tubuh dari gigitan serangga, dan dinginnya terpaan angin.

  • Kain Nilon
Bahan celana kain nilon
Sumber Gambar : sharingconten.com

Fungsinya hampir mirip dengan kain kanvas, yakni mampu melindungi diri dari serangga dan terpaan angin karena tekstur kainnya yang padat. Bedanya, kain ini bisa dikatakan jauh lebih ringan, dan tidak mudah menyerap air (waterproff).

  • Kain Polyester

Kain jenis sintetik ini memiliki ciri khas berbahan ringan, cepat kering, dan mudah menyerap keringat. Sehingga jenis kain ini sangat fleksibel dipakai untuk beraktifitas di hutan tropis, yang cenderung lembab dan berair.

Bahan Celana Travelling

Kegiatan berlibur memang membutuhkan jenis pakaian yang beragam tergantung lokasi yang akan kita datangi, serta jenis aktifitas yang akan kita lakukan. Sehingga kebutuhan jenis bahan celana pun bisa bermacam-macam sesuai dengan kondisi. Terutama kondisi suhu dan cuaca. Supaya tetap nyaman memakai celana dengan kain yang sesuai untuk aktifitas berpergian kamu.

Berikut Beberapa jenis kain yang sesuai dengan kondisi cuaca;

  • Celana Musim Panas

Aktifitas berpergian dengan cuaca panas cenderung didominasi oleh pakaian yang berbahan tipis, ringan, mudah menyerap keringat, dan tidak panas. Gunakan pakaian dengan jenis bahan kain denim, kanvas, dan katun untuk kenyamanan kamu diperjalanan.

  • Celana Musim Dingin

Berpergian ke daerah bermusim dingin tentu saja membutuhkan jenis bahan kain yang hangat untuk menghangatkan tubuh dari suhu dingin. Serta bahan yang memiliki serat dengan pori-pori kecil untuk melindungi tubuh dari terpaan angin yang dingin. Jenis kain wool dan polyester menjadi bahan yang paling dianjurkan untuk melindungi tubuhmu dari suhu dingin.

Demikian pembahasan jenis-jenis kain yang bisa membantu kamu memilih bahan celana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai salah celana, ya.

You also like

Rekomendasi Model Celana Formal Pria dan Tips Memilih Celana

Celana formal merupakan salah satu item fashion yang banyak digunakan kaum pria untuk berkerja. Jika dilihat dari bentuk…

Rekomendasi Model Celana Formal Wanita

Banyak wanita yang nyaman menggunakan celana formal ketika bekerja. Meskipun bekerja di kantor para wanita karir tetap memperhatikan…

4 Tips Merawat Celana Chino

Celana chino merupakan celana yang lebih populer di kalangan pria, namun banyak juga wanita yang menggunakan celana chino…

5 Rekomendasi Warna Celana Chino Yang Wajib Kamu Miliki

Celana chino merupakan celana berbahan twill atau drill. Celana chino ini salah satu celana yang terbuat dari katun…

Mencuci Celana Bahan Tebal Ternyata Tidak Sulit, kok. Ikuti Tips-Tips Berikut!

Mencuci dan merawat celana bahan tebal seperti bahan katun chino dan bahan denim jeans membutuhkan teknik khusus agar…

Cari Tahu Jenis dan Ukuran Celana Chino Sebelum Membeli

Saat ini berbagai celana chino pria, wanita, maupun anak-anak sudah muncul dalam berbagai jenis ukuran. Mulai dari size…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Ngadmin Whatsapp

isi form dibawah ini untuk chat